Sunday, October 30, 2011

6 BANGUNAN AJAIB DI DUNIA

1- Tembok Besar Cina
TEMBOK BESAR China (7 Keajaiban Dunia Baru)








Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina  juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina.Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongoldari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.







TEMBOK BESAR China (7 Keajaiban Dunia Baru)

Sejarah pembangunan Tembok Besar Tiongkok dapat dilacak sampai abad ke-9 sebelum Masehi. Pada waktu itu, pemerintahan di bagian tengah Tiongkok menyambung benteng dan menara api yang merupakan pos penjagaan tentara di perbatasan menjadi satu tembok panjang dalam rangka menangkis serangan etnis-etnis dari bagian utara Tiongkok. Sampai pada Masa Chunqiu dan Negara-negara Berperang, pertempuran berkecamuk di antara negara-negara kepangeranan yang saling berkonfrontasi. 

TEMBOK BESAR China (7 Keajaiban Dunia Baru)

Fungsi Tembok Besar sebagai kubu pertahanan militer sekarang sudah tidak ada lagi, namun keindahan arsitekturnya tetap sangat mengagumkan. 

Keindahan Tembok Besar tercermin pada kemegahan, kekuatan dan kebesarannya. Melepas pandang dari tempat jauh ke Tembok Besar, tembok besar tinggi yang memanjang selama ribuan kilometer itu tampak serupa naga mahabesar yang menggeliang-geliut menyusuri pegunungan; jika dilihat dari jarak dekat, maka tembok itu penuh dengan daya tarik seni dengan arsitekturnya yang aneka ragam.

Tembok Besar adalah hasil jerih payah yang dibasahi keringat dan darah serta diresapi kecerdasan rakyat Tiongkok pada zaman kuno. Betapa beratnya proyek pembangunan Tembok Besar pada zaman kuno yang masih rendah tenaga produktif memang sulit dibayangkan.


2-Taj Mahal India


Sebenarnya ia hanya sebuah monumen.
Dibangun selama 22 tahun oleh Shah Jehan
sebagai musoleum untuk mengenang istri
tercintanya Mumtaz ul Zamani yang lebih dikenal
sebagai Mumtaz Mahal. Sebuah arsitektur atas
nama cinta yang menjadi satu bangunan terindah
di dunia.

Berpangkal dari tahun 1631, saat Mumtaz Mahal
terbaring sekarat di sisi suaminya Shah Jehan,
setelah melahirkan anak ke-14 bagi sang raja.
Perempuan itu menagih empat janji dari sang
raja. Pertama memohon dibangunya sebuah Taj,
kedua memintanya tidak kimpoi lagi, ketiga
menuntut perlakuan baik suaminya pada anak-
anak mereka, dan terakhir memintanya untuk
mengunjungi makamnya secara teratur. Tak
lama kemudian Mumtaz mahal pun meninggal.
Shah Jehan sangat terpukul dengan kematian
istrinya, namun ia segera mewujudkan janji bagi
sang istri tercinta. Maka ia memerintahkan
pembangunan sebuah Taj pada 1631. Selama 2
tahun Shah Jehan mengurung diri dan
berkabung. Lantas pada 1633, ia akhirnya
menekankan pembangunan sebuah makam bagi
istrinya di dalam bangunan yang sedang
dikerjakan itu.

Bangunan setinggi hampir 60 meter itu dibuat
dengan basis batu marmer dan beberapa
bagiannya diberi ukiran, hiasan, dan lapisan
emas, perak, dan berlian. Semua mata takjub dan
berdecak kagum. Melihat Taj Mahal, semua orang
yakin bahwa tak ada bangunan lain yang mampu
menandingi keindahannya. Benar-benar wujud
cinta yang paling dalam. Hingga ajalnya di tahun
1666, Shah Jehan pun dimakamkan di samping
makam istrinya di dalam Taj Mahal. Menjadi
lambang cinta sejati, hingga hari ini...

3-Petra Jordan

Kalau ramai orang kagum dengan pahatan bukit, mari kita kagumi batu yang membentuk nama Allah ini. Gambar di atas adalah salah satu batu yang berada di kota ini yang membentuk secara semulajadi perkataan "Allah"

Batu yang berbelang dengan warna-warna semulajadi















Tangga yang mereka pahat


Batu yang membentuk rupa khinzir secara semula jadi

Petra, sebuah tempat di selatan Negara Jordania, yang merupakan daerah Edom, terletak di antara Laut Mati dan Teluk Aqaba. Dalam bahasa Yunani, “Petra“ berarti kota dari batu. Dalam Perjanjian Lama tempat ini disebut sebagai Sela : “Ia mengalahkan Edom di Lembah Asin, sepuluh ribu orang banyaknya, dan merebut Sela dalam peperangan itu, lalu dinamainyalah kota itu Yokteel; begitulah sampai hari ini” (2 Raja 14:7). Daerah ini menjadi ibu kota serta tempat pertahanan Kerajaan Nabatean sejak abad ke 4 SM sampai abad ke 2 M. Semua peninggalan bangunan dan makam di tempat ini dipahat pada Bukit Tebing Batu berwarna kemerah-merahan. Itulah sebabnya tempat ini pun dikenal sebagai “The Red Rose City”. Kerajaan Romawi menaklukkan tempat ini pada tahun 106 M dan dijadikan salah satu dari propinsi Romawi. Kota ini sendiri terus berkembang di abad ke 2 and ke 3 M, sampai kota saingan mereka, Palmyra mengambil alih sebagian besar kegiatan perdagangan Petra, sehingga kota ini pun menurun kegiatan perdagangannya. Pada abad ke 7 tempat ini ditaklukkan oleh Muslim, dan pada abad ke 12 ditaklukkan juga oleh Pejuang Salib. Dan pada akhirnya kota ini hanya menjadi reruntuhan saja

4- Itza Meksiko


suatu tempat yang terletak di Yucatan,Meksiko ini merupakan sebuah situs purbakala peninggalan bangsa Maya paling populer dikunjungi oleh para wisatawan manca negara.
Bangunan-bangunan yang terkenal dengan keindahan bentuk arsitekturnya tsb dibangun diantara 550-900 M oleh para Itza,salah satu kelompok suku bangsa Maya.Namun entah mengapa pada abad ke-10 tempat ini ditinggalkan oleh mereka dan sejak saat itu bangsa Maya menghilang secara misterius.

Jika dilihat dari bentuk arsitekturnya ,Bangunan-bangunan di kawasan Chichen Itza merupakan hasil alkulturasi seni arsitektur dari kebudayaan Maya dan Toltec.
Toltec sendiri merupakan sebutan bagi bangsa yang mendiami suatu kawasan di Tollan , 45 KM utara Kota meksiko.Peradaban yang memuja Dewa Quetzalcoatl ini dipimpin oleh seorang penguasa bernama Mixcoatl yang mempunyai arti "Naga Awan".Menurut sejarah ,Bangsa Toltec yang terkenal lebih kejam dari Bangsa Aztec , pernah menyerbu kawasan Chichen Itza disekitar tahun 800 M.

5-Machu Picchu Peru


Machu Picchu terletak diketinggian 2,400 meter di atas permukaan laut.
Machu Picchu dibuat pada pertengahan tahun 1400 dan dijuluki sebagai "The Lost City of the Incas".
Banyak dari batu-batu konstruksi bangunan Machu Picchu memiliki berat lebih dari 50 ton. Karena belum ada semen, mereka hanya memotong dan menumpuk batu tersebut sesuai dengan ukuran dan rancangan bangunan.
Luas keseluruhan area mencapai 325.92 Km persegi dan dideklarasikan sebagai "Historical Sanctuary" negara peru di tahun 1981.Machu Picchu memiliki tiga bangunan utama, yaitu Intihuatana, Temple of the Sun (Kuil Matahari), dan Room of the Three Windows (Ruangan Tiga Kaca).Machu Picchu setidaknya memiliki 170 bangunan dengan bentuk dan fungsi yang berbeda. Machu Picchu awalnya dibangunan sebagai sebuah benteng pertahanan, lalu berubah menjadi sebuah ibu kota suku Inca.Hasil penelitian menunjukkan batu Intihuatana dibuat sebagai jam astronomi atau kalendar.


6-Colloseum Italia 


Colosseum, sebuah bangunan besar dan bersejarah yang terletak di Roma, Italia. Bangunan ini di bangun pada masa Kaisar Vespasian. Selesai dibangun pada 80 Masehi, mempunyai (kurang lebih) 50.000 tempat duduk penonton untuk menonton berbagai macam pertunjukan.

Nama dari Koloseum seperti pada di atas diambil dari nama sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m, Colossus. Patung Colossus dibuat ulang sebagai pengganti Nero sebagai perumpamaan dari Sol dewa matahari, dengan menambahkan mahkota matahari. Di waktu pertengahan tahun, patung colossus telah menghilang. Seorang ahli mengatakan bahwa sejak patung itu terbuat dari tembaga, patung itu telah dileburkan untuk digunakan kembali.


No comments:

Post a Comment